• SMKN 1 GIRISUBO
  • SEMSABO GEMPITA

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Alhamdulillahirrabbil ‘alamin. Puji syukur kehadirat Allah SWT, SMK Negeri 1 Girisubo di berikan kesempatan untuk mengembangkan produk kreatif dan kewirausahaan melalui bantuan pemerintah Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Bantuan tersebut di manfaatkan untuk mengembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

 Pembelajaran Pengembangan Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada dasarnya merupakan suatu pembelajaran tentang etika, nilai (value), kemampuan (ability) dan perilaku (attitude) dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang dihadapi. Pengembangan Produk Kreatif dan Kewirausahaan dalam ranah pendidikan, tidak hanya dikembangkan untuk menghasilkan manusia terampil intelektual, tetapi juga yang inspiratif-pragmatis. Untuk itu Pengembangan Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK harus menjadi alternatif dalam mempersiapkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Pengembangan Produk Kreatif dan Kewirausahaan di  SMK telah diimplementasikan dalam berbagai bentuk pembelajaran berbasis produksi dan bisnis antara lain: Teaching Factory, Hotel Training, Business Center di sekolah, dan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (entrepreneurship). Selain itu pemerintah dalam beberapa tahun terakhir juga membina kelompok/perseorangan wirausaha siswa dengan pola kelas wirausaha. Sejalan dengan hal tersebut di atas, Direktorat SMK memberi perhatian khusus terhadap penguatan pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan (PKK) di SMK. Pembekalan di bidang Pengembangan Produk Kreatif dan Kewirausahaan diharapkan menjadi salah satu jawaban bagi pendidikan di SMK untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan di Indonesia karena diarahkan untuk mempersiapkan siswa dalam rangka menciptakan lapangan kerja, mengentaskan masalah pengangguran, kemiskinan, keterpurukan ekonomi dan secara politis dapat mengangkat harkat dan martabat sebagai bangsa yang mandiri.

Terkait dengan kebijakan pemerintah tersebut, SMK Negeri 1 Girisubo selaku sekolah yang melaksanakan pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan menindaklanjuti dengan membuat program untuk siswa dengan membuat program kegiatan dengan nama Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW), kegiatan tersebut dikembangkan dengan tujuan tumbuhnya jiwa-jiwa wirausaha pada siswa. Dalam upaya untuk melaksanakan dan mengembangkan SPW tersebut, kami mendapatkan Bantuan Pemerintah SMK yang Mengembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan Tahun 2022.

Kegiatan Bantuan Pemerintah SMK yang Mengembangkan Produk Kreatif dan Kewirausahaan Tahun 2022 terdiri dari tujuh kegiatan yaitu:

  1. Workshop Pengembangan Kewirausahaan bagi siswa,
  2. Mentoring Kewirausahaan untuk guru,
  3. Pemberian modal bergulir kepada siswa/kelompok wirausaha,
  4. Penyediaan aplikasi pemantauan kegiatan Kewirausahaan,
  5. Benchmarking ke pelaku usaha/Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM)
  6. Penyiapan Kanal Promosi dan Publikasi, dan
  7. Pembelian alat bahan penunjang pembelajaran Kewirausahaan

 

 

Dampak Program Semsabo, The Young Entrepreneur School

Dampak yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan Semsabo, YES adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan di sekolah, indikator keberhasilan dapat dilihat dari naiknya jumlah siswa sebanyak 34 siswa lebih banyak dari tahun yang lalu.
  2. Naiknya motivasi berwirausaha siswa, diukur berdasarkan data angket yang diberikan kepada siswa/calon wirausaha, sebanyak 96% siswa merasa senang mengikuti kegiatan ini dan merasa terbantu akibat pemberian modal bergulir yang telah diberikan.
  3. Berdasarkan data wawancara kepada guru mata pelajaran PKK didapatkan hasil bahwa pembelajaran mata pelajaran PKK berbasis PjBL lebih bervariasi dan timbul ide-ide pengembangan pembelajaran akibat dari kegiatan ini.

 

 

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
GPBLHS

Dikutip dari laman dinas lingkungan hidup kab Buleleng, Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah yang selanjutnya disebut Gerakan PBLHS adalah aksi kolektif secara sadar

29/02/2024 08:33 - Oleh Administrator - Dilihat 164 kali
SARPRAS

Kegiatan Sarana dan Prasarana

27/06/2023 09:08 - Oleh Administrator - Dilihat 588 kali
Program Kerja

Kumpulan program kerja Sumber Daya ManusiaTahun Pelajaran 2021-2022Tahun Pelajaran 2022-2023Tahun Pelajaran 2023-2024 Kegiatan SDM : 1. Kegiatan Upacara Bendera. 2. Kegiatan Sapa Pagi.

27/06/2023 09:04 - Oleh Administrator - Dilihat 543 kali
Alat Bahan Penunjang

Pembelian alat dan bahan penunjang pembelajaran ditujukan untuk melengkapi sarana prasarana yang telah ada disekolah, tujuan pembelian ini untuk mempercepat proses produksi yang dilakuk

07/12/2022 08:41 - Oleh Administrator - Dilihat 1343 kali
Promosi dan Publikasi

Kanal Promosi dan Publikasi merupakan hal yang tidak boleh ditinggalkan ketika berwirausaha, kanal tersebut sebagai wahana promosi terhadap barang yang sudah diproduksi kepada pelanggan

07/12/2022 08:40 - Oleh Administrator - Dilihat 1422 kali